Diterima Danone MT STAR 2017

(Pontianak, Desember 2016)

Perjalanan job hunting di tahun 2016 akhirnya ditutup dengan hasil yang memuaskan. Finally.. I got the dream job that I’ve yearn for so long! Sangat bersyukur.. benar2 ga terpikirkan sebelumnya bakal bisa keterima MT di Danone. Inilah pengalaman pribadi saya mengikuti proses rekrutmen Danone MT STAR 2017. 😀

NOTE:

Semua formula, strategi, tips dan contoh template yang dapat diikuti sama persis untuk melewati tiap tahapan seleksi MT telah saya tuliskan dalam Ebook – 6 Langkah Sukses Lolos Seleksi Management Trainee. Semoga bisa menjadi panduan yang bermanfaat dan membuat kamu berhasil.

Dapatkan Ebook Disini

Link : https://trakteer.id/LolosSeleksiMT

Introduction

A little bit about me before we start.. Saya merupakan lulusan IT dari BINUS, sejak 2015 – 2016 saya bekerja sebagai Programmer di sebuah Startup. Sebenarnya, sewaktu berkuliah saat lulus nanti saya kepikiran untuk melamar MT di perusahaan besar dan target perusahaan saya adalah U******r. Tetapi di tahun 2015 saya miss deadline pendaftarannya, akhirnya saya harus bersabar menunggu tahun depan.

Setahun kemudian di bulan Agustus pendaftaran kembali dibuka dan saya langsung mendaftar. Ternyata tidak berjalan sesuai harapan karena setelah berhasil registrasi saya tidak mendapatkan email untuk lanjut ke tahap online test. Padahal menurut prosedur, link online test akan otomatis dikirimkan langsung setelah berhasil registrasi. Saya ga ngerti apakah saya ada salah isi data atau karena saya jurusan IT makanya tidak diterima (saya apply untuk MT Marketing). Selang dua hari kemudian masih tidak ada email lanjutan, saya pun menghubungi pihak perusahaan melalui twitter namun tidak ada kejelasan status, akhirnya pupus harapan yang sudah ditunggu-tunggu selama setahun dalam sekejap.

Danone MT STAR 2017 Recruitment

Agustus 03 – 31 : Registration & Online Test

Saya bersyukur kampus BINUS merupakan kampus yang sangat perhatian dengan alumni nya, meskipun sudah lulus sejak tahun 2015 lalu, saya selalu dikirimkan newsletter lowongan kerja tiap bulannya. Setelah ikhlas dengan kejadian U******r, saya kemudian menemukan informasi MT Danone dari newsletter tersebut.

0newsletter

Agustus 20 : I Registered, A New Hope?

Saya belum pernah dengar tentang program MT Danone, ditambah lagi tidak ada kenalan yang kerja disana. Tapi karena memang ingin mengincar posisi MT dan Danone juga salah satu perusahaan MNC, saya pun coba mendaftarkan diri. “This is the last hope” ucap saya dalam hati. Registrasi hanya diminta mengisi data biasa saja, waktu itu karena tinggal di kost dan suka begadang jadi saya siapkan diri tidur cukup dulu sebelum Online Test wkwk.

Agustus 23 : Finished The Online Test

Online test berdurasi kurang lebih 2 jam isinya psikotest umum ditambah matematika dan bhs Inggris. Bagian yang paling berkesan adalah matematika karena soalnya lumayan ribet, waktunya cepet banget dan udah hitung pake kalkulator aja angkanya suka ga pas wkwk. Bener2 dibutuhkan konsentrasi yang maksimal.

September 09 : Online Test Result (Wait Interval 9 Days)

1bonline_test

1online_test

September 09 – 14 : Written Interview

Written Interview berisi pertanyaan seputar culture & values nya Danone, diminta untuk pilih function yang ingin dilamar dan submit CV. Setelah menimbang-nimbang saya memutuskan untuk apply function Sales, alasannya karena function Sales terbuka untuk semua jurusan dan saya juga punya pengalaman yang relevan sewaktu organisasi di kuliah. Karena pekerjaan IT sebelumnya maka CV saya bahasanya sangat technical IT, kali ini saya coba research di website Business Insider cara membuat CV yang bagus sesuai dengan posisi yang dilamar.

September 16 : Written Interview Result (Wait Interval 2 Days)

2bwritten_interview

2written_interview

Sebenarnya di awal september saya sudah planning akan pulang Pontianak karena belum ada titik terang dari job hunting di Jakarta. Saya pun sudah beli tiketnya untuk tanggal 25 September. Tapi ternyata dapat jadwal LGD 26 September, akhirnya karena masih ingin coba kesempatan di Danone, saya relakan tiket dan mereschedule ke tanggal 01 Oktober. Ughh.. my money.

Sambil menunggu LGD saya pun membaca blog-blog orang untuk referensi. Jujur saya ada perasaan khawatir soalnya belum kebayang LGD nya bakal kayak gimana, jadi saya coba mengcontact salah satu penulis blog dan minta advice. Setelah mendengar advicenya saya menjadi lebih tenang.

September 23 : Research Trip to Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia

Supaya tidak kagok pada hari H apalagi dapet jadwal paling pagi, saya pun melakukan research trip ke lokasi. Ternyata cukup mudah dijangkau hanya dengan naik kereta dari stasiun Palmerah ke stasiun UI. Karena sampai disana sudah siang, saya pun lunch di kantin PSJ UI. Sekalian kuliner ceritanya hehe.

September 26 : LGD (Leaderless Group Discussion) @PSJ UI

Hari H pun tiba, saya sudah sampai lebih awal dan menikmati breakfast roti + susu yang saya bawa dari kosan. LGD dilaksanakan sekaligus di beberapa ruangan yang isinya ada 6 peserta + 1 asesor. Mekanisme dari LGD ini adalah diminta untuk mendiskusikan sejumlah masalah yang diberikan, kemudian menentukan prioritas dan solusinya. Kesimpulan harus dicapai secara mufakat dan tidak boleh voting. Setelah saling berkenalan, LGD pun dimulai. Dengan deg-degan saya beranikan diri bicara pertama dan menawarkan diri menjadi moderator. Overall berjalan baik dan lancar, kami dapat menyelesaikan diskusi secara mufakat dan saling thank you dengan wajah gembira di akhir.

Sebelum pulang saya menanyakan informasi kepada asesor, dari total 27.000+ orang yang registrasi online, ternyata yang lolos ke written interview 1.800an orang, kemudian yang lolos ke LGD 1.400an orang. Dari LGD akan disaring 400an orang dan yang akan diterima untuk MT nantinya 60-70 orang. Wow, ketat banget seleksinya.

Sepulangnya ke kosan, saya langsung tidur seharian karena lumayan tegang nunggu hasil LGD. Bagi saya tahap ini merupakan penentuan kalau tidak lolos maka selesai sudah perjalanan di Jakarta (dan sia-sia juga reschedule tiket pulang wkwk). Pas malamnya bangun, sambil deg-degan membuka pdf pengumuman, saya tekan Ctrl + F untuk search nama saya… Dan!!! Enter…!!! Nama saya ada!! Puji Tuhan! Saya lolos ke tahap Interview HR Wkwkwk. Wah bener-bener langsung plong. Bersyukur banget, masih bisa dapat kesempatan ke tahap selanjutnya. Saking senangnya saya sampai menitikkan air mata. :’) Wkwkwk.

3blgd3lgd

Dari total 525 orang yang LGD pada hari itu, yang lolos ke tahap Interview HR hanya 177 orang.. tinggal sepertiga nya saja. Banyak banget yang dicut. Dan dari kelompok LGD saya total ada 4 orang yang berhasil lolos. Demi Interview besok saya pun prepare sebisanya, tak terasa sudah jam 2 pagi…

September 27 : Interview HR @PSJ UI

Saya sangat semangat di pagi itu, serasa bertualang pergi ke kota sebelah untuk mendapatkan pengalaman baru lagi. Saya juga senang karena akan ketemu dengan teman-teman seperjuangan LGD kemarin. Feelingya itu kayak rekrutmen sambil rekreasi wkwkwk. Sampai disana pokoknya happy banget dan percaya diri. Saya sempat berkenalan dengan beberapa teman baru lagi dan bercanda bareng biar lebih rileks sebelum Interview. Ketika giliran saya dipanggil, sebelum naik ke ruangan.. teman wanita yang baru saya kenal menyorakkan “Good luckk.. Alvinn!” dari jauh. Wah, saya langsung feel special banget dan tambah percaya diri.

Interview ini dalam bhs Inggris dan atmosfirnya lumayan santai, lebih menanyakan CV, kepribadian, minat function yang dipilih, dan sedikit tentang pengetahuan Danone. Saya sempat membuat jawaban yang konyol sampai interviewer nya mengerutkan alis ekspresi terheran-heran wkwkwk. Overall, saya puas banget dan plong karena semua isi hati udah di curcol habis. Akhirnya, bisa pulang Pontianak dengan perasaan tenang. 😀

Oktober 03 – 19 : Sertifikasi Profesi Direktur Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Di pontianak, karena masih ada harapan di Danone saya tidak langsung cari kerja. Orang tua pun menyarankan ikut Sertifikasi Profesi Direktur Bank Perkreditan Rakyat (BPR) selama 2 minggu lebih untuk belajar tentang keuangan mikro dan pengelolaan BPR karena orang tua saya mempunyai background di bidang perbankan.

Oktober 23 : Interview HR Result (Wait Interval 26 Days)

4interview_user

Rekrutmen Danone ini roadshow di beberapa kota, jadi memang harus bersabar untuk nunggu hasil Interview HR nya. Setelah harap2 cemas berminggu-minggu akhirnyaaa.. keluar juga hasil yang ditunggu2. Yes! Lolos ke tahap Interview User. Senang banget. Karena pengumumannya agak mepet, saya pun harus segera kembali ke Jakarta. Sebelum ke Jakarta saya sempat ada pertimbangan apakah lebih baik saya ngekost lagi sebulan di Jakarta atau PP Pontianak – Jakarta 3 kali, karena dari blog yang saya baca setelah interview user, masih ada interview director dan interview VP. Akhirnya saya putuskan untuk ngekost sebulan di Jakarta soalnya lebih hemat biaya dan tidak ribet, ditambah lagi kalau pengumuman selanjutnya juga mepet-mepet tidak harus buru-buru cari tiket. Tapi kalau interview user ini saya ga lolos, maka sia-sia ngekost sebulan di Jakarta. Pada saat itu saya memilih untuk optimis saja berpikir pasti lolos. “Ini benar-benar melangkah dengan Iman” ucap saya dalam hati. Dengan modal nekat saya pun kembali ke Jakarta.

Untuk bertemu calon atasan, saya persiapkan segalanya dengan sebaik mungkin. Sempat tanya-tanya juga lewat aplikasi opentalk Danone. Sebagai tambahan saya membuat print out dokumentasi kegiatan kuliah dan untuk membuat nilai tambah yang beda dari peserta lainnnya, saya menyiapkan proposal Sales Promotion Plan for Aqua.

Oktober 26 : Interview User @HO Cyber 2

Sesampainya di Cyber 2, sewaktu berjalan menuju ruangan Interview, saya melihat tulisan di pintu kaca tertulis “Nutricia”… LOL asumsi saya salah, kirain bakal interview CBU Aqua tapi ternyata Nutricia. Wah jadi ga nyambung deh proposal yang saya buat wkwkwk. Saya diinterview oleh Mr. M, interview ini dalam bhs Inggris dan menanyakan seputar personality pake behavioral question, dan menguji pengetahuan real sales work. Saat dimulai saya merasakan atmosfir yang pressuring banget. Ughh.. saya sempat ciut semangatnya di awal tapi saya coba get myself together dan jawab sebisanya. Jujur interview user ini sangat challenging.

Ada satu pertanyaan tentang  marketing mix dan saya sangat beruntung bisa menjawabnya. Saya tidak mempelajari itu di dunia IT, tapi sewaktu mengikuti sertifikasi BPR di Pontianak ada modul tentang Pemasaran dan membahas marketing mix. Gila! Kalau saya ga ikut sertifikasi waktu itu pasti saya udah ga bisa jawab. Luar biasa, saya pulang Pontianak memang Tuhan ada rencana buat saya. Terakhir, saya menunjukkan dokumentasi kegiatan kuliah dan proposal Sales Promotion Plan for Aqua (ga mau sia-sia udah siapin dengan baik jadi tetep kasih lihat meski ga nyambung wkwk). Setelah melihat dokumen yang saya bawa, Mr. M memuji inisiatif saya dan berpesan supaya tetap melakukan inisiatif seperti ini kedepannya apabila saya tidak diterima di Danone.

Oktober 31 : Interview User Result (Wait Interval 5 Days)

5interview_vp

Lumayan deg-degan juga nunggu hasilnya, karena pas pulang interview user itu rasanya kayak  yaudahlah kalau ga lolos apa boleh buat, I’ve tried my best. (Ditambah lagi udah bayar kosan untuk 1 bulan di Jakarta, kalau ga lolos kan kayak mau ngapain 1 bulan di Jakarta).Tapi ternyata lolos dan benar2 senang banget. Untuk tahap Interview VP, saya tetap menyiapkan printout dokumentasi kegiatan kuliah ditambah dokumentasi kegiatan kerja di perusahaan sebelumnya.

November 01 : Interview VP (Vice President) @HO Cyber 2

Interview VP ini dlm bhs Inggris dan berlangsung cukup singkat. Mr. M sebagai VP Sales Nutricia menanyakan seputar kerjaan saya sebelumnya sebagai software developer, pengalaman hidup dan pilihan sales. Saya cukup terkejut karena pertanyaan yang diajukan beliau tidak banyak akhirnya giliran saya yang banyak bertanya di akhir sambil menyisipkan cerita2. Satu hal yang mengesankan adalah Mr. M memuji background IT saya, dan saya baru sadar yang selama ini dikira kalau IT ke Sales nyebrang jalur ternyata masih tetap berhubungan dan ilmunya masih akan kepakai. Interview VP ini sangat positif dan saya pulang dengan perasaan optimis.

November 04 : Interview VP Result (Wait Interval 3 Days)

Siang itu, ketika dikabari lolos interview VP lewat telepon, saya langsung keluar dari kamar dan berlari-lari di lorong kosan saking excitednya hahaha. Pokoknya seharian itu di kosan senyum terus, dan habis itu telp orang tua untuk berkabar. 😀

November 11 : MCU (Medical Check Up) @Prodia

6mcu

MCU ini di laboratorium Prodia, kalau udah hidup sehat sih ga perlu khawatir ga lolos MCU nya apalagi masih anak muda hehehe.

November 17 : AC (Assessment Center) @HO Cyber 2

7ac

Untuk rekrutmen 2017 ini, ada tahapan baru yang ditambahan yaitu AC. Intinya sih untuk leadership profiling, melihat leadership kita udah sejauh mana sesuai dengan leadership style nya Danone dan untuk feedback kedepannya. Untuk AC ini dibantu oleh tim rekrutmen global Danone, ada yang dari Singapura, Hongkong, Australia, etc. Wahh.. Danone benar-benar concern untuk mengembangin talent yang ada. Benar2 Great place to grow! senang bisa masuk lingkungan seperti ini.

Setelah AC selesai, saya pun memutuskan kembali pulang ke Pontianak pada tanggal 20 November sambil menunggu keputusan akhir dari Danone. Setelah bertanya ke HR nya, untuk MT 2017 ini rencananya akan mulai masuk di minggu ke-3 Januari.

November 25 : The Prophecy

Di Pontianak, saya masih sedikit punya perasaan harap2 cemas karena statusnya masih gantung, kalau belum dapet offering kan artinya masih belum fix keterima. Pada malam itu ketika sedang mau menjemput adik saya pulang les, saya melihat ada sebuah bintang yang sangat besar dan bersinar sangat terang di depan rumah. Pemandangan yang sangat tidak biasa dan baru pertama kali ini terjadi di depan rumah.

7bstar

(N.B.: Saking terang dan besarnya sampai kelihatan dari foto)

Saya langsung teringat “MT STAR”. Kemudian ketika sedang naik motor perjalanan pulang bersama adik, ada sebuah motor yang tiba-tiba lewat di depan dan plat nya bertuliskan “KB 3701 AY”. Cara bacanya:
| 3 = Minggu ke-3 | 7 = 2017 | 01 = bulan Januari | AY = inisial nama saya Alvin Yurisman |. Apabila 2 kejadian itu digabungkan maka pesan utuhnya adalah “Alvin Yurisman, kamu akan menjadi Danone MT STAR dan masuk bekerja pada bulan Januari 2017 minggu ke-3”. Wow!! Saya sampai terkejut.. kok bisa pas banget… ini benar2 pertanda, ajaib banget hahaha.

Danone

(N.B.: Kalau dipikir2, pengalaman melihat bintang ini mirip seperti gambar di logo Danone)

Desember 04 : Offering Letter (Wait Interval 23 Days)

8offlet

Proses yang sangat panjang kurang lebih 4 bulan akhirnya selesai sudah dan resmi ditutup dengan Offering Letter ini. Bersyukur udah bisa dapat pengalaman rekrutmen di perusahaan multinasional. Merasa beruntung, senang dan bangga bisa diterima jadi MT Danone. Ga sia2 semua usaha dan sacrifice yang dikeluarkan. It’s all worth it in the end. Officially dikontrak di bawah PT. Nutricia Indonesia Sejahtera.

Timeline Summary

Phase Time / Place
1.       Online Registration Agustus 03 – 31 / Online
2.       Online Test Agustus 03 – 31 / Online

Result September 09
Wait Interval : 9 Days

3.       Written Interview September 09 – 14 / Online

Result September 16
Wait Interval : 2 Days

4.       LGD5.       Interview HR September 23 & 24 / HO Cyber 2, Jakarta
September 26 & 27 / PSJ UI, Depok
Oktober 03 & 04 / PSJ UI, Depok
Oktober 10 & 11 / UGM, Yogyakarta

Result Oktober 23
Wait Interval : 26 Days

6.       Interview User Oktober 26 / HO Cyber 2, Jakarta

Result Oktober 31
Wait Interval : 5 Days

7.       Interview VP November 01 / HO Cyber 2, Jakarta

Result November 04
Wait Interval : 3 Days

8.       MCU November 11 /  Lab Prodia, Jakarta
9.       AC November 17 / HO Cyber 2, Jakarta

Result Desember 04
Wait Interval : 23 Days

10.   Offering Letter Desember 04 / Online

Closing

Oh ya cerita tentang U******r di awal, di bulan Desember akhirnya saya baru ketahuan kenapa ga dapat link online test nya. Ternyata email lanjutan itu ada masuk tapi di kategori Promotions. Bagi pengguna Gmail pasti tahu Inbox ada 3 kategori Primary, Social dan Promotions. Promotions biasanya buat email subscription atau iklan gitu yang ga penting dan jarang dibuka. Saya ga sadar karena email pertama dari U******r itu masuknya di Primary, kenapa bisa email lanjutannya masuk di Promotions yah?? hahaha. Tapi mungkin memang rencana Tuhan supaya saya masuknya di Danone hehehe.

Buat yang mau daftar Danone MT STAR 2018, semoga pengalaman yang saya share ini bisa bermanfaat. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau konsultasi, feel free ya langsung aja contact ke alvin.yurisman@gmail.com. Thank You. 🙂

NOTE:

Semua formula, strategi, tips dan contoh template yang dapat diikuti sama persis untuk melewati tiap tahapan seleksi MT telah saya tuliskan dalam Ebook – 6 Langkah Sukses Lolos Seleksi Management Trainee. Semoga bisa menjadi panduan yang bermanfaat dan membuat kamu berhasil.

Dapatkan Ebook Disini
Link : https://trakteer.id/LolosSeleksiMT

*Additional Reference*
Blogs that I read as my references, many thanks to them for sharing their experiences 🙂

Recruitment Link
MT STAR 2014 https://uqyauthor.wordpress.com/2014/11/04/recruitement-test-danone-mtstar-2014/
MT STAR 2015 http://mohammadvitrho.blogspot.co.id/2015/01/never-lose-your-hope-perjuangan-lulus.html
MT STAR 2016 http://redbeanlunch.blogspot.co.id/2016/01/prestigious-moment-management-trainee.html

Also check blogs from my fellow MT 2017 mates, very good and updated reference 🙂

Function Link
Healthcare Nutrition http://elsafirakinanti.tumblr.com/post/152599323107/mt-star-danone-indonesia-2017
Industrial ELN http://wayaharnaandika.blogspot.co.id/2017/05/pengalaman-danone-mt-star.html
Industrial Aqua http://rendybayuaji.blogspot.co.id/2016/04/sharing-pengalaman-seleksi-kerja.html

36 thoughts on “Diterima Danone MT STAR 2017

  1. Alviiiiiin….congrats. I read every word u wrote in this blog and I’m very proud of you. All the best for your new challenge. Break a leg! GBU!

    Like

    1. Haiii kak gretaa.. wah thank youu kak. Really appreciate your time reading my blog. I will do my best kak hehe GB. 😀

      Like

  2. Halo Bos Alvin, blogmu tak sadur di tulisanku juga ya. Tak rekomendasiin, aku nulis yang serupa juga soalnya. Tapi ini lebih detail jadi ku-linkan ke tempatmu aja, hahaha!

    Goodluck for the review bro! Doain bisa main ke Makassar yo!

    -Wayah-

    Like

    1. Halo wayah, aduh jadi malu hhe. Monggo, thanks bro wayah, sukses jg buat reviewmu, tak tunggu di makassar amiin.

      Like

  3. Halo kak, saya Yohana. Saya mendaftar MT Star 2018. Saya baca beberapa review MT Star dan baru sadar kalau saya juga tidak mendaptkan email untuk online test. Apakah untuk prosedur MT Star 2018 berbeda ya?

    Like

    1. Hi Yohana. Untuk lebih pastinya coba cek guideline registrasi nya di dancommunity.co.id. Kmu sudah dapat email konfirmasi berhasil registrasi? Coba cek juga folder email lainnya siapa tahu nyasar di spam atau yg lain.

      Like

  4. Halo gan, untuk proses dari interview HR sampai ke interview VP itu bener2 full english apa campur bahasa indonesia gan ? Agak ga pede soalnya kalo full english hehe. Oh ya saya peserta MT Star 2018

    Like

    1. Halo gan, untuk interview nya semua full english, tapi masih bisa kalau mau campur bhs indo dikit2 hehe. Goodluck ya

      Like

  5. halo ka alvin, aku kan daftar MT STAR DANONE 2018 dan sudah dikirimi link untuk online test. Aku mau nanya ka, apakah sebelum online test kakak melakukan persiapan terlebih dahulu?dan kalau iya, persiapan apa yg kakak lakukan?

    Anw, thx for your post kak!it’s really really helpful for someone that still newbie in this job hunting world 🙂

    Like

    1. halo, kalau sebelum online test aku ga ada persiapan khusus sih. cuma kondisi fisik dan suasana aja biar bs konsentrasi dan kondusif. Sebelum online test di Danone aku juga pernah beberapa kali ikut tes dari perusahaan lain jadi lumayan familiar. Saran aku kalau ini pertama buat kmu, bisa coba latihan dulu cari aja di google tes TPA, biar dapet feel nya dan tahu trik nya nanti ngerjain. Tips dari aku : kerjain soal yang mudah lebih dulu supaya ga habis byk waktu di soal yang susah.

      Sama2. Goodluck ya 🙂

      Like

  6. halo kak, saya debi. biasanya untuk online assesment itu soalnya sama sperti tes online yg lainnya kah? atau lebih ribet lg? terus, untuk fgdnya menggunakan bahasa inggris atau tidak? trima kasih sblmnya kak

    Like

    1. halo debi, online test nya itu kurang lebih sama dengan tes TPA perusahaan umumnya cuma mungkin soalnya lebih dimodifikasi sesuai kriteria Danone dan ada tambahan tes bhs inggris. Untuk fgs menggunakan bhs indonesia. Goodluck ya 🙂

      Like

  7. Hi alvin, mau nanya, pada tahap FGD itu diskusi dengan bahasa indonesia atau english? thankyou, what an inspiring story anyway:)

    Like

  8. Hallo kak makasih atas share pengalamannya:) bagi tipsnya dong gmn kita bisa pede buat wawancara pke bhs inggris apalagi utamanya MT danone ini pke full inggris?huhu makasih sebelumnya:)

    Like

    1. Hai andita, kalau aku dulu biar pede pada saat wawancara aku siapin list pertanyaan dan jawaban terus aku latihan deh ngucapin jawabannya biar lancar. Kmu bisa tuh siapin dlm bhs inggris supaya nanti lebih lancar. Goodluck ya 🙂

      Like

  9. halo kak makasih ya blognya ngebantu bangeeet.. aku mau nanya dong kak, aku udah ikut online assessment dan kemarin dapet sms untuk ngecek hasil tesnya via email, tapi sampe sekarang aku belum nerima emailnya, udah nghubungin email admin rekruternya juga tapi belum ada tanggapan. ada saran gak kak aku harus gimana biar bisa tau hasil assessment nya? many thankssss kak

    Like

    1. hai, sorry for the late reply.. sudah ada tanggapan dari admin nya ? coba pantengin aja dulu emailnya, biasas hasil nya keluar kurang lebih 1 minggu.

      Liked by 1 person

  10. Hi, Alvin! aku salma, salam kenal 🙂
    anw, mau nanya nih alvin, kemaren kamu nunjukkin sales promotion plan dan dokumentasi kegiatan perkuliahan ketika pertanyaan apa ya? soalnya aku takut kalo nunjukkin plan yang aku buat utk dept di perushaan yang aku lamar, ntar dikirinya gimanaa gitu haha (padahal aku bbrp kali pake hal2 macem begini buat naik jabatan di organisasi aku). makasih alvin sebelumnya 🙂

    Like

    1. Hi salma, kemarin aku nunjukkin di terakhir setelah udah ga ada pertanyaan lagi, jadi semacam penutup manis aja hehe. Emang kmu mikirnya bakal dikira gmn? haha 🙂

      Like

  11. Hi, Kak Alvin. Salam kenal saya Inas 🙂
    Thanks for sharing your MTSTAR journey kak. Sangat inspiratif, detail dan asik untuk dibaca. Saya mau tanya, grammar saya (apalagi pas speaking) minus bgt nih kak :’) kira2 pihak DANONE expect nya kita fasih cas-cis-cus ngomong bahasa inggris atau kalo agak belepotan gitu gapapa?

    Dan satu lagi kak, berhubung saya alumni dibidang kesehatan, saya mencoba membuka tautan Kak Alvin ke teman MTSTAR 2017 kakak yang bernama Kak Elsafirakinanti, tapi ternyata diblokir sama internet sehat (ternyata karena di post nya via tumblr :”””) kira – kira saya boleh minta kontak yang dapat dihubungi tidak, Kak? Kalau boleh mohon dikirim via email nabilahfau@gmai.com untuk menjaga privasi kakak-kakak sekalian. Thanks a lot kak, sukses teruss!

    Like

    1. Hi Inas salam kenal jg. kalau bahasa inggris akan dipakai sehari2 nantinya di kantor. sebenarnya untuk grammar tidak masalah yg penting pada saat ngomong yang dengerin bisa nangkep maksudnya aja hehe.
      Kalau masalah internet diblokir kamu coba akses lewat VPN deh atau tethering lewat inet Hp.. mustinya bisa dibuka.
      Kontak ku di alvin.yurisman@gmail.com, feel free ya kalau mau tanya2 lebih lanjut.
      Untuk kontaknya kak Elsa, aku tanyain dlu ya nanti ku info lewat email aja. 🙂

      Like

  12. hi kak alvin….saya sangat tertarik dan terinspirasi dengan cerita ka alvin ini…kak mau nanya….kalo misalnya saya sudah selesai kuliah dan sudah mengikuti ujian sarjana tetapi belum wisuda. Apakah saya boleh mengikuti pendaftaran Danone MT Star?
    Terimakasih 🙂

    Like

  13. hai kak , kk wktu itu pp pontianak – jakarta, uang tiketnya apa ditanggung sendiri atau ada reimburs dari pihak danone??

    Like

  14. hai kak Alvin, perkenalkan aku Risda. selamat ya atas kesuksesannya menjadi MT Star Danone. aku saat ini juga lagi proses pendaftaran MT Star Danone untuk Supply Chain, lagi mau masuk ke Cognitive Test. setelah baca blognya kak Alvin, jadi ciut sendiri. soalnya aku kurang bagus di matematika dan psikotesnya. kaya udah skeptis gitu ama hasilnya hehehe

    Like

    1. hai Risda, kamu sudah mengerjakan test nya? kalau belum saranku kamu bisa latihan2 soal dlu di google supaya lebih pede ya. Goodluck 😉

      Like

Leave a comment